Instalasi komputer hosting


Ini memang pengalamanku yang pertama. Sebelumnya belum mengenal sama sekali apa itu komputer server buat hosting. Apakah komputer server sebesar rak lemari itu? Apakah harganya mahal? Terlintas di kepalaku.Tapi begitu membeli komputer tersebut sama temanku dan dosenku, semua gambaranku tersebut hilang dan buyar. Komputer yang dibeli hanyalah komputer rakitan standar ngetik yaitu prosesor E2180, RAM 1 Gb, HD 160 Gb, tanpa CDROM maupun DVDROM namun yang bagus power supply-nya harga agak mahal. Hahaha. Ku hanya bisa tersenyum aja. Komputer yang dibeli sekitar cuma seharga dua juta.

Komputer rencana diinstall ubuntu server. Ubuntu yang dipakai masih bingung. Mau pakai yang 7.10 atau yang 8.04. Beberapa hari kemudian pesanan ubuntu beserta repository udah datang. Yang dibutuhkan buat server yaitu LAMP (linux-Apache-MySQL-PHP). Pengennya sih nginstall yang text mode aja tapi karena spesifikasi computer yang udah tinggi jadi beralih ke yang desktop. Ada interfacenya jadi kalo nginstall tinggal klik-klik aja.

Selanjutnya tinggal setting DNS, setting alamat buat IP hosting. Rencana pakai buat hosting web kampus. Tapi ukuran kapasitas yang besar akan digunakan untuk memperkuat dan mempercantik webnya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s